breaking news New

Wirausaha Muda Mandiri 2022 Sudah Dibuka, Cek Kategori dan Mekanismenya

Wirausaha Muda Mandiri 2022 Sudah Dibuka, Cek Kategori dan Mekanismenya Wirausaha Muda Mandiri 2022 Sudah Dibuka, Cek Kategori dan Mekanismenya

SansRadio - Jakarta, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 hadir untuk mewadahi usahamu agar makin berkembang. Dengan mengikuti WMM 2022, kamu juga berkesempatan meraih hadiah modal usaha senilai total miliaran rupiah. Lebih dari 50 ribu wirausaha muda merasakan manfaat dari ajang tahunan WMM. Malinda Amalia, alumni WMM 2018 yang mendirikan brand fashion Linean menjadi salah satu yang merasakan manfaat positif mengikuti WMM.

"Setelah mengikuti program WMM, banyak perkembangan di usaha yang saya jalankan, karena banyak sekali program pengembangan usaha yang diberikan Bank Mandiri, seperti pelatihan, pendampingan, bahkan diikutsertakan pameran produk dalam dan luar negeri," tuturnya dalam sesi press conference Kick Off WMM 2022, di Jakarta beberapa waktu lalu. Wirausaha Muda Mandiri terbukti telah ikut mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, inovatif, dan berkontribusi bagi kemajuan perekonomian Indonesia, tahun ini akan tampil berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan mengusung tema Bring Back Euphoria! Proud to be Entrepreneur! WMM 2022 hadir dengan kemasan yang lebih light, dan terbagi dalam dua kategori utama, yaitu Business Existing, yakni Boga, Kreatif, Teknologi, dan Sosial serta Side Competition yang terdiri dari Santripreneur dan Business Plan.

Subkategori Business Plan terbuka bagi anda yang sudah punya usaha di bidang berikut.

1. Kategori Boga

Makanan dan Camilan Kemasan

Pengusaha dengan produk bisnis kuliner yang diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller, segala jenis merek makanan siap saji, camilan maupun produk makanan lainnya yang diciptakan dalam kemasan, pencipta dan pemilik brand makanan dalam bentuk kemasan yang dijual melalui pihak ketiga maupun dikelola secara mandiri. Sedangkan, persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha Makanan dan Camilan Kemasan adalah pemilik usaha kuliner yang menjual minuman sebagai brand utama, dan pemilik usaha kuliner yang menjual brand resto/kafe/rumah makan, dan tempat santap makan minum lainnya.

Makanan dan Minuman Dine In

Pemilik warung, resto, rumah makan, kafe, bar dan segala macam bentuk dan konsep makanan dan minuman yang dapat dinikmati langsung di tempat (Dine-In). Untuk persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha makanan dan minuman dine in adalah pemilik usaha kuliner yang menjual dalam konsep kemasan dan dijual online.

Minuman Kemasan

Pencipta dan pemilik brand minuman olahan dalam bentuk kemasan yang dijual melalui pihak ketiga ataupun dijual secara mandiri. Sementara, persyaratan yang tidak termasuk pada jenis usaha minuman kemasan adalah pemilik usaha kuliner yang menjual makanan sebagai brand utama, dan pemilik usaha kuliner yang menjual dessert sebagai brand utama.

2. Kreatif

Kesenian dan Budaya

Pengusaha dengan produk bisnis yang mengangkat unsur seni dan budaya, serta diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini adalah perajin barang kebutuhan rumah tangga, jasa interior design, pelaku seni, sanggar tari/budaya/musik/seni rupa teater, penggerak kesenian lokal, bidang usaha lainnya yang bisa memenuhi kriteria. Adapun persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha kesenian dan budaya adalah event organizer, penyedia jasa alat kesenian, reseller produk kesenian.

Fashion Label

Pengusaha dengan produk bisnis fesyen yang diciptakan secara original dan bukan merupakan reseller. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya segala jenis butik, galeri, department store, pencipta dan pemilik brand fesyen dengan skala industri dan lebih bersifat multi produk, pengusaha fesyen yang menjual pakaian sebagai brand utama, pengusaha turunan fesyen. Persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha ini adalah penjual produk fashion bekas (thrift).

Entertainment

Pengusaha yang bergerak di bidang entertainment, baik secara digital maupun konvensional. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini, di antaranya youtuber, podcaster, production house, band music teater, penggerak kesenian daerah, sanggar tari dan budaya, promotor, Bidang usaha lainnya yang memiliki unsur hiburan sebagai produk.

3. Teknologi

Digital Apps

Pengusaha dengan produk bisnis jasa layanan berbasis aplikasi digital diciptakan secara original dan memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya, web designer, brokerage/marketplace, gaming application, business application, lifestyle application. Usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek Digital Apps, produk sudah go live di publik selama minimal satu tahun, sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Persyaratan yang tidak termasuk dalam jenis usaha ini adalah aplikasi yang diperuntukan untuk internal, bukan untuk masyarakat.

Inovasi Teknologi

Pengusaha dengan inovasi dari produk atau proses baru, atau yang ditingkatkan dengan karakteristik teknologinya sangat berbeda dari sebelumnya. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini di antaranya, web designer, robotic innovation, digital assistance, wearable technology, virtual reality (VI) experience, usaha lainnya yang memenuhi salah satu aspek inovasi teknologi, produk sudah go live di publik selama minimal satu tahun, dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

4. Sosial

Sosial Lingkungan

Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan, ekonomi sirkular, pemberdayaan masyarakat dan membangun afiliasi dengan pemerintah. Adapun jenis usaha dan persyaratan khusus dalam kategori ini, di antaranya pemanfaatan energi alternatif/terbarukan usaha, padat karya, pemberdayaan kaum marginal, mitra penyuluhan program pemerintah, pembibitan pelestarian alam teknologi, pangan, teknologi peternakan dan pertanian teknologi, pemanfaatan hasil bumi, serta usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek sosial lingkungan, memiliki dampak positif secara sosial/lingkungan.

Jasa Sosial

Pengusaha dengan produk bisnis yang memiliki aspek yakni jasa yang meliputi pemberdayaan sosial dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, dan pelayanan yang diberikan secara cuma-cuma pada masyarakat. Adapun jenis jenis usaha yang termasuk dalam kategori ini di antaranya, usaha padat karya, lembaga pemberdayaan kompetensi masyarakat pusat, pelatihan keterampilan (formal/non formal), usaha lainnya yang masuk dalam satu syarat aspek jasa usaha sosial, memiliki dampak positif secara sosial/lingkungan.

 

Persyaratan Umum Business Existing

Seleksi kompetisi WMM 2022 bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi mulai 27 September-27 Oktober 2022. Untuk melakukan registrasi, kamu bisa mengakses langsung melalui website www.wmm.id. Bagi kamu yang sudah melakukan registrasi, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi, dan penjurian di masing-masing wilayah. Tahapan ini akan dimulai dua minggu setelah pendaftaran ditutup.

Agar tak ketinggalan perhelatan WMM 2022, anda bisa melengkapi persyaratan umum Business Existing, di antaranya:

1. Warga Negara Indonesia Berusia 18-35 tahun (per-27 September 2022).

2. Pemilik usaha bukan merupakan reseller.

3. Usaha yang didaftarkan bukan merupakan anggota produk franchise.

4. Usaha yang didaftarkan minimal telah berjalan selama empat tahun.

5. Kantor pusat usaha berada wilayah Republik Indonesia.

6. Usaha yang didaftarkan sedang tidak mengikuti kompetisi serupa dengan WMM.

7. Bersedia mengikuti rangkaian kegiatan penjurian.

8. Memiliki rekening Bank Mandiri dan pengguna Livin' by Mandiri.

9. Pemilik usaha tidak pernah terjerat kasus hukum.

10. Alumni program Wirausaha Muda Mandiri di tahun-tahun sebelumnya juga dapat mendaftar kembali.

Sementara, untuk persyaratan umum Side Competition, yakni Santripreneur yang merupakan santri Indonesia, baik individu maupun kelompok yang memiliki ide bisnis, kemudian Business Plan, yakni WNI pemilik usaha berusia 18-35 tahun, pemilik usaha dan bukan reseller dan anggota produk franchise Kemudian, usaha maksimal baru berjalan selama dua tahun, sedang tidak mengikuti kompetisi serupa, bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penjurian, memiliki rekening Bank Mandiri dan menggunakan Livin' by Mandiri, hingga tidak pernah terjerat kasus hukum.

 

Mekanisme Pendaftaran

Seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi mulai 27 September-26 Oktober 2022. Untuk melakukan registrasi, anda bisa mengakses langsung melalui website www.wmm.id.

Inilah mekanisme pendaftaran WMM 2022 yang wajib anda catat.

1. Registrasi awal

Hasil kurasi dari registrasi awal yang ditentukan akan berlanjut ke tahapan berikutnya. Pembukaan registrasi untuk umum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk berlanjut ke tahapan berikutnya. Bagi kamu yang sudah melakukan registrasi, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi, dan penjurian di masing-masing wilayah. Tahapan ini akan dimulai dua minggu setelah pendaftaran ditutup pada 26 Oktober 2022.

2. Penentuan 240+4

Hasil kurasi dari registrasi awal yang ditentukan, yang akan berlanjut ke tahapan berikutnya.

3. Penentuan Top 100

Perwakilan dari 96 peserta yang telah diseleksi + 4 peserta terbaik yang merupakan pemenang video dengan likes dan comment terbanyak.

4. Online Capital League

Yang akan berisikan challenge untuk melakukan seleksi dua tahap, yakni Top 40 dan Top 16.

5. Onsite Capital League

Top 16 yang akan melakukan challenge besar secara kelompok, juga penilaian melalui booth individu. TOP 4 dengan penilaian terbanyak berlanjut ke sesi final Meet The Boss.

6. Final Meet The Boss

TOP 4 yang akan melakukan pitching di hadapan juri final, dan sekaligus penentuan pemenang dengan jumlah modal terbanyak.

 

sumber : inews.id