WEIRD GENIUS KEMBALI HADIRKAN KOLABORASI INTERNASIONAL

By Administrator / Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:34 WIB

SansRadio - Jakarta, Di ranah electronic dance music atau EDM di Indonesia, nama Weird Genius jadi salah satu musisi berkualitas yang cukup aktif dan konsisten berkarya dalam genre tersebut. Maka tidak aneh rasanya jika konsistensi yang mereka terapkan menghasilkan popularitas di berbagai kalangan penikmat musik. Ternyata, kepiawaian Weird Genius tidak hanya diapresiasi oleh masyarakat Indonesia saja. Banyak residen dunia pun mengetahui kualitas musik yang ditawarkan oleh Weird Genius.

Kali ini, pesona Weird Genius kembali memikat musisi internasional di dalam tubuh seorang penyanyi asal Thailand berdarah Belgia, Violette Wautier. Kolaborasi lintas negara ini berhasil melahirkan sebuah single baru berjudul Future Ghost. Kolaborasi antara Weird Genius dan Violette Wautier ini bisa dibilang layaknya sebuah jodoh. Pasalnya, sang musisi asal Thailand tersebut juga berkarya dalam irisan genre elektronik lainnya, yang condong terdengar ke arah pop elektronik. 

Dari kolaborasi yang selaras, single Future Ghost sendiri menawarkan warna musik yang unik. Hasil karya Weird Genius dan Violette Wautier ini berhasil memadukan aspek vokal yang melankolis dengan beat EDM yang ikonis namun terkesan dramatis. Weird Genius menjelaskan dalam siaran persnya bahwa aspek melankolis dan emosional merupakan salah satu tujuan yang menjadi latar belakang terciptanya lagu Future Ghost.

Dalam siaran pers tersebut, Weird Genius juga menjelaskan bagaimana karakteristik Violette Wautier menjadi karakter vokal yang mereka gambarkan saat mulai menulis lagu Future Ghost ini. Hingga akhirnya terjadi kolaborasi yang menghadirkan rasa puas dan bangga dari kedua belah pihak musisi internasional ini. 

Weird Genius juga mengungkapkan harapan mereka untuk bisa kembali melakukan kerja sama dengan Violette Wautier secara offline. Hal tersebut jadi harapan karena seluruh proses penggarapan musik Future Ghost ini dilakukan secara online demi menjaga keamanan para musisi sekaligus juga mematuhi peraturan terkait penanganan virus Corona yang masih berlaku di kawasan Asia Tenggara.

Future Ghost juga jadi karya kolaborasi ketiga yang dirilis secara konsisten oleh Weird Genius pada tahun 2021 ini. Konsistensi kolaborasi ini pertama kali dibuka oleh single berjudul Last Summer bersama Tokyo Machine di bulan Februari. Instalasi kedua yang dijalani oleh Weird Genius ini dilanjutkan di bulan Maret melalui rilisnya single Clock Of Reincarnation bersama Moi Yang. 

Aktifnya Weird Genius untuk bisa bekerja sama dengan musisi-musisi internasional juga jadi sebuah bukti bahwa mereka memang benar-benar serius untuk mengarungi industri musik internasional. Pasalnya, Weird Genius merupakan musisi pertama dari Asia yang berhasil bergabung menjadi bagian dari perusahan rekaman di Amerika Serikat, Astralwerks. Di bawah naungan Universal Group, Astralwerks sebelumnya telah menaungi musisi-musisi papan atas seperti Marshmello, Alison Wonderland, The Chemical Brothers, dan Surf Messa. Kehadiran Weird Genius juga jadi sebuah tanda bahwa mereka adalah satu-satunya musisi atau kelompok musik dari Asia yang berhasil bekerja sama dengan label rekaman papan atas asal Amerika Serikat tersebut. 

Weird Genius juga mengakui, bahwa sebelum Astralwerks, banyak juga perusahaan rekaman Amerika Serikat yang datang untuk dapat melangsungkan kerja sama bersama mereka. Namun, Weird Genius mantap memilih Astralwerks, melihat perusahaan rekaman tersebut memiliki fokus untuk membantu mengembangkan potensi musisi-musisi electronic dance music (EDM) di kancah permusikan global.

Kerja sama antara Astralwerks dan Weird Genius dimulai pada kisaran bulan Agustus hingga September 2020 lalu. Awalnya, pihak Astralwerks merasa tertarik atas kesuksesan Weird Genius melalui karyanya, Lathi. Perbincangan antara kedua pihak pun berlanjut, akhirnya perusahaan rekaman asal Amerika Serikat tersebut memahami tentang arah karya-karya dan dibuat serta visi dan misi yang dimiliki oleh Weird Genius. Merasa adanya kecocokan dengan sudut pandang yang ada di dalam Astralwerks, akhirnya perusahaan rekaman tersebut memutuskan untuk melangkah bersama demi mengembangkan perjalanan musik Weird Genius ke pasar yang lebih luas.


Related News