Lelang Gitar Eddie Van Helen Capai Harga Miliyaran Rupiah

By Imanuel Youri Karelino / Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:42 WIB

SansRadio - Jakarta, Julien's Auctions melelang dua gitar ikonik miliki Eddie Van Helen yang diperkirakan mencapai harga US$80 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliyar di Los Angeles, Selasa (20/10/2020). Gitar dilelang merupakan gitar yang dimainkan langsung oleh Eddie Van Helen, yaitu A 2004 EVH Charvel Art Series dan 5150 EVH.

Menurut keterangan dari CEO Julien's, Darren Julien, seri A 2004 EVH Charvel Art merupakan gitar yang khusus dibuat untuk Eddie. Ciri khusus yang ada pada gitar bergaya Fender Stratocaster ini adalah desain garis warna merah, putih, dan hitam dengan nomor seri yang terdapat pada belakang leher gitarnya, yaitu 54.

Sedangkan seri 5150 EVH adalah gitar buatan gitaris legendaris tersebut. Ia membuatknya dengan bantuan teknisinya, Matt Bruck, yang kemudian gitar tersebut diberikan kepada Bryan Cash seorang temannya pada tahun 1991. Jika diperhatikan lagi, terdapat ukiran sebuah kalimat yang ditujukan Eddie kepada Bryan, yaitu "Yo Bryan let's get shucked up Eddie Van Halen 5150.". 

Darren membenarkan pernyataan mengenai harga kedua gitar yang masing - masing mencapai harga Rp 1,1 miliyar. Ia menambahkan bahwa harga tersebut sangat wajar mengingat bagaimana 2 gitar tersebut merupakan gitar dari seorang pemain gitar rock legendaris yang meninggal setelah melawan kanker pada 6 November 2020 diusianya yang ke-65 tahun.


Related News