Google Photos Akan Kenakan Biaya Per Juni 2021

By Abimanyu Satria / Jumat, 20 November 2020 - 11:05 WIB

SansRadio - Jakarta-- Fitur Google Photos Pada Smartphone Akan Dikenakan Biaya Per Juni 2021.

Bicara soal Smartphone, tidak jauh dari sebuah perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, Google. Google Sendiri mempunyai beberapa fitur atau aplikasi yang terintegrasi langsung pada smartphone, khususnya android dalam pemakaiannya sehari-hari termasuk Google Photos. 

Sejauh ini, Google Photos selalu memberikan upload foto “gratis” tanpa dibatasi ketika pengguna akan mengunggah foto dan video dengan format compressed. Namun pemberitahuan resmi dari pihak Google menyatakan bahwa fitur ini akan hilang mulai tanggal 1 Juni 2021 mendatang.

Menurut isi email yang dikirimkan oleh Google secara resmi, semua foto dan video yang akan diunggah sebagai backup ke Google Photos, semua akan terhitung di dalam storage “gratis” 15 GB yang dimiliki oleh setiap pengguna Google, di mana storage ini tergabung bersama dengan storage untuk layanan Google Drive dan Gmail. 

Sebelumnya, Storage yang disediakan oleh Google hanya akan digunakan ketika kita menggunggah foto dn video dengan kualitas "Original" tanpa dikompres sama sekali. Namun, saat ini format "High' yang dikompres akan terhitung dalam storage yang berkapasitas 15 GB. Apabila storage gratis yang kita miliki sudah maksimal kapasitasnya, maka disarankan untuk membeli storage yang baru oleh pihak Google yang merupakan tambahan dari Google One. 

Keamanan yang ditawarkan oleh Google mengenai storage terbarunya pun cukup mumpuni, pengguna harus mengisi beberapa form keamanan yang disiapkan oleh pihak Google sehingga data-data foto yang tersedia cukup aman.

Beruntungnya, untuk kalian yang memakai Smartphone keluaran Google yaitu Google Pixels, kalian akan tetap mendapatkan storage yang unlimited sacara gratis untuk waktu yang belum ditentukan oleh pihak Google. 

Tidak hanya berbayar, Google juga mendapatkan fitur baru yang memberikan tools dimana kita bisa mengakses foto dan video untuk memilih file mana yang ingin diback up dan yang mana yang hendak dihapus. Update terbaru ini juga memberikan highlights terhadap foto-foto yang terlihat blur, serta video yang mempunyai kapasitas yang amat besar.

 


Related News