Belajar Hitung Usia Ala Korea Selatan

By Imanuel Youri Karelino / Kamis, 10 Desember 2020 - 15:00 WIB

SansRadio - Jakarta, Dunia memiliki perbedaan antar negara yang sangat beragam. Mulai dari budaya, makanan, sampai hal - hal kecil lainnya, salah satunya adalah umur. Mungkin bagi sebagian negara di dunia menggunakan sistem penghitungan umur yang sama, yaitu melihat tanggal, bulan, dan tahun sebagai patokannya. Namun, di Korea Selatan, mereka mempunyai sistem perhitungan usia yang berbeda. Yuk kita cari tahu di #infosans.

Nah, mungkin Sans People yang lahir pada tahun 1998 normalnya berumur 22 tahun pada tahun 2020 ini. Namun berbeda di Korea Selatan, mungkin kalian akan berumur satu tahun lebih tua, yaitu 23 tahun pada tahun yang sama. Secara sederhana, perhitungan ini bisa diformulasikan menjadi tahun sekarang dikurangi tahun lahir kemudian ditambah 1 tahun.

Sebenarnya masyarakat di Korea Selatan juga menggunakan sistem usia Internasional, namun mereka juga perhitungan usia versi Korea Sealtan atau yang dikenal sebagai hangug sidae. Masyarakat di Korea Selatan melihat usia melalui tahun kelahiran saja dan menghitung 1 januari sebagai pertambahan 1 tahun.

Jika Sans People lahir pada 2 November 2000, pada 2 November tahun 2001 Sans People sudah berumur 2 tahun di Korea Selatan. Lebih rincinya, kalian sudah melewati 1 januari 2001 sehingga bertambah 1 tahun dan pada 2 November 2001 kalian juga berulang tahun sehingga bertambah 1 tahun pula.

Gimana Sans People, seru kan cara perhitungan masyarakat Korea Selatan? Info Sans kali ini mungkin bisa jadi bekal Sans People yang akan pergi ke Korea Selatan dan ditanya"Berapa usia mu?".


Related News