breaking news New

Google berpikir bahasa pemrograman barunya dapat menggulingkan C++

Google berpikir bahasa pemrograman barunya dapat menggulingkan C++ (Image credit: Pixabay)

SansRadio - Jakarta, Dijuluki penerus eksperimental untuk C++, Carbon tersedia untuk dicoba hari ini.

Google telah mengungkapkan lebih banyak tentang Carbon, bahasa pemrograman baru yang diyakini perusahaan dapat menjadi penerus C++.

Bahasa pemrograman terus meningkat dan berkembang, dan telah diganti dalam beberapa tahun terakhir dengan model yang bahkan lebih mudah digunakan. Bahasa Swift milik Apple sendiri telah membuka beberapa kemungkinan bagi yang kurang berpengalaman seperti pendahulunya, Objective-C, misalnya.

Banyak yang menjuluki Rust sebagai penerus C++, namun berbicara di acara baru-baru ini, Insinyur Perangkat Lunak Utama Google Chandler Carruth menjelaskan bagaimana bahasa pemrograman yang awalnya merupakan produk Mozilla tidak memiliki "interoperabilitas dua arah" yang sama seperti alat lain, yang memperkenalkan jenis 'hambatan bahasa' ketika 'menerjemahkan' antara bahasa pemrograman yang berbeda.

Pindah dari C++ ke Karbon

Dengan demikian, Carbon yang baru diumumkan harus dapat dioperasikan dengan kode C++ yang populer, namun bagi pengguna yang ingin beralih sepenuhnya, migrasinya harus cukup mudah.

Bagi mereka yang tidak yakin tentang perubahan penuh, Carruth menyelidiki lebih detail tentang beberapa alasan mengapa Carbon harus dianggap sebagai penerus yang kuat untuk bahasa C++, termasuk tata bahasa yang lebih sederhana dan impor API yang lebih lancar.

Ada manfaat lebih lanjut yang melampaui bahasa Carbon, termasuk motif etis seperti aksesibilitas dan inklusivitas budaya proyek.

Keluarga Carbon sebagian besar terdiri dari karyawan Google, tetapi tidak secara eksklusif demikian. Setelah mendukung kesuksesan raksasa teknologi, tim Carbon mengatakan bahwa itu perlu menjadi "proyek yang didorong oleh komunitas dan independen" agar berhasil.

Saat ini, bahasa pemrograman Carbon hanyalah sebuah percobaan. Kode sumbernya dapat diunduh untuk Anda coba, atau Anda dapat memilih untuk bereksperimen dengannya dari dalam browser Anda dengan aplikasi web Compiler Explorer.

Sumber : 9to5google