breaking news New

Video Musik Dunia Tipu-tipu, Yura Yunita Pilih Konsep Social Experience

Video Musik Dunia Tipu-tipu, Yura Yunita Pilih Konsep Social Experience Yura Yunita. Dok. Yura Yunita/Merakit.

SansRadio - Jakarta, Yura Yunita merilis video musik terbaru untuk track pertama dari album Tutur Batin berjudul Dunia Tipu-Tipu. Menggandeng sutradara Gianni Fajri dan Bonita Rachel dari MIURA Films, video musik Dunia Tipu-Tipu memiliki konsep social experience.

Sebanyak tujuh pasangan non aktor yang terdiri dari suami istri, kakak adik, sahabat, atau orang tua dan anak, akan saling bertatap-tatapan secara langsung selama empat menit. Mereka saling memandang dari mata ke mata, dan berkomunikasi sejujur-jujurnya.

Menurut Yura, dua orang yang semakin sering bertemu, apalagi yang tinggal bersama, akan semakin jarang melakukan deep conversation. Yura ingin bahwa lagu ini bukan hanya mewakili perasaannya sendiri saja, tetapi juga dapat mewakili pengalaman dan perasaan banyak orang.

“Mudah-mudahan dengan adanya social experience ini, bisa membawa pergerakan yang baik, pengen jadi kontak orang tua, pengen kontak sahabat," kata Yura dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Rabu, 27 Juli 2022.

Yura sendiri mengaku bahwa pengalaman syuting video musik Dunia Tipu-Tipu ini melelahkan secara emosional namun terasa sangat indah. “Baru kali ini aku syuting, kita mulai dari jam satu siang sampai 11, kita nangis semua. Kebawa sama hubungan mereka yang begitu kuat, apa adanya, semua tujuh pasangan ini bikin satu tim nangis semua. Pertama kali seumur hidupku, berjam-jam berurai air mata, karena begitu indahnya sebuah hubungan pasangan," katanya.

Tujuh pasangan yang dilibatkan benar-benar memiliki hubungan nyata, bukan diperankan oleh aktor dan sebelumnya mereka semua belum pernah mendengar lagu-lagu Yura. Mereka akan masuk ke dalam sebuah ruangan yang redup dan nyaman, di mana di dalamnya sudah disiapkan kamera tersembunyi. Di dalam, mereka akan bertatap-tatapan selama empat menit diiringi lagu Dunia Tipu-Tipu, dan adegan tersebut hanya diambil dalam satu kali take. Proses ini juga dibantu oleh Nabila Ghassani, seorang hipnoterapis yang juga menjadi konsultan psikologi yang mengarahkan para pasangan ini.

“Prosesnya begitu indah untuk bisa menyaksikan keterhubungan batin masing-masing pasangan,” kata Nabila. ”Kekuatan tatapan mata, bisa membantu masing-masing individu untuk bisa merasa dan memahami satu sama lain. Tanpa kata, dengan terhubung secara batin, rasa yang muncul jujur dan murni dari hati.”

Sutradara video musik ini, Gianni Fajri juga beranggapan serupa. “Rasa haru, bersyukur dan cinta. Kekuatan menatap adalah kekuatan yang sangat powerful, karena dengan itu kita dapat mengerti batin pasangan kita dan perasaan kita terhadap mereka dan tersampaikan tanpa kata-kata. Metode ini dapat mempererat hubungan kita," katanya.

"Waktu habis nonton video klipnya, langsung nelpon sahabat gue, merasa kurang ajar, bersalah banget, banyak sahabat yang dekat, tapi udah kayak 4-5 tahun ini gak nanya kabar padahal dulu suka ngebantu, gue ngerasa banyak salah, sahabat gue sampe bingung, tiba-tiba gue mau minta maaf, gara-gara music video ini, gue jadi mau ngomong lagi terima kasih sedalam-dalamnya sama mereka," kata Donne Maula, penulis lagu Dunia Tipu-Tipu yang juga merupakan suami Yura.

Semenjak Yura merilis lagu dan video klip Tutur Batin, secara organik muncul semacam behavior di para pendengar Yura. Tutur Batin sendiri adalah lagu yang merayakan ketidaksempurnaan. Lagu tersebut kemudian ramai di TikTok, di mana para pengguna TikTok menggunakan lagu itu untuk mengekspresikan pesan yang sama, sehingga lagu-lagu Yura dianggap dapat mewakilkan suara-suara para pendengar Yura yang selama ini mungkin masih terpendam.

Yura Yunita juga menganggap bahwa lagu Dunia Tipu-Tipu ini adalah lagu yang spesial. “(Tiap menyanyikannya) Selalu mendapatkan energi yang beda, selalu ada energi yang dateng, apalagi ketika nyanyinya live performance dan mendapatkan energi dari penonton, nyampe juga, betapa berharganya," kata Yura. Video musik Dunia Tipu-Tipu dirilis di kanal YouTube Yura Yunita pada abu 27 Juli 2022 pukul 20.00 WIB.

Source : seleb.tempo.co