breaking news New

Good Old Jazz: Charity Jazz Event Tribute to Idang Rasjidi by Duke & Duchess

Good Old Jazz: Charity Jazz Event Tribute to Idang Rasjidi by Duke & Duchess Good Old Jazz

SansRadio - Jakarta, Idang Rasjidi, salah satu musisi jazz senior ternama yang jasanya telah banyak membantu mengharumkan dan mewarnai musik jazz di Indonesia. Nama Idang Rasjidi telah banyak menghiasi deretan line-up festival musik jazz besar di Indonesia seperti Java Jazz Festival, Jazz Traffic, bahkan hingga festival music jazz international seperti North Sea Jazz Festival di Belanda.

            Akhir tahun 2021, tepatnya pada 4 Desember 2021, Indonesia kehilangan salah satu figur musisi jazz Indonesia setelah muncul kabar duka telah berpulangnya Idang Rasjidi. Kepergian Idang Rasjidi meninggalkan duka begitu banyak terhadap rekan musisi jazz tanah air dan juga para penggiat dan komunitas musik jazz, terutama Omah Moesik. Omah Moesik merupakan salah satu bukti nyata bahwa yang ditinggalkan oleh Idang Rasjidi bukan hanya alunan musik jazz-nya yang indah, namun juga semangat dan niat baik dalam menjaga dan mengenalkan musik jazz ke masyarakat luas.

            Omah Moesik Idang Rasjidi, didirikan oleh Idang Rasjidi bersama rekannya Pak Citro pada 19 Januari 2009. Tujuan didirikan Omah Moesik adalah untuk memperkenalkan musik jazz khususnya di Kota Pekalongan dan membantu anak-anak yang memiliki potensi dalam bermusik namun memiliki keterbatasan dalam materi untuk mengembangkan kemampuan bermusiknya.

            Duke and Duchess bersama Hey Marley, melakukan inisiasi acara musik jazz yang juga dikemas dalam bentuk sebuah acara charity yang dinamakan “Good Old Jazz with The Rasjidi: Tribute to Idang Rasjidi” yang diadakan pada Minggu, 31 Juli 2022. Dalam acara ini, Duke & Duchess dan Hey Marley akan menyuguhkan paket makan malam yang istimewa, lengkap disajikan dimula dari makanan pembuka hingga penutup. Selama acara berlangsung, pengunjung akan dihibur oleh deretan musisi jazz ternama seperti Shaku Rasjidi, Harry Toledo, Ticco Laksana, Kemala Ayu, dan deretan musisi jazz lainnya.

            Untuk mendukung keberlangsungan Omah Moesik Idang Rasjidi dalam melahirkan para musisi jazz di Indonesia, 10% dari setiap pembelian paket makan malam yang disediakan oleh Duke & Duchess akan disumbangkan kepada Omah Moesik. Harapannya, melalui acara ini, Omah Moesik dapat tetap terus berjalan dan niat baik dari mendiang Idang Rasjidi untuk mengenalkan musik jazz serta menggali potensi anak bangsa di Indonesia dalam bermusik dapat terus berlanjut dan tidak terputus.